Ngagurah Dano adalah tradisi budaya turun temurun masyarakat kabupaten Serang di wiliyah barat yang meliputi 3 Kecamatan (Kecamatan Cinangka, Pandarincang dan Mancak).

Ngagurah Dano adalah mengambil ikan secara bersama-sama turun ke bantaran sungai Cidano dengan menggunakan alat tangkap tradisional. Kegiatan Ngagurah Dano dilaksanakan setiap tahun sekali pada saat puncak musim kemarau dan setelah panen padi sekitar sawah di bantaran sungai Cidano.

Alat tangkap ikan tradisional terdiri dari Sair, Sambet, Tadah, Anco dan Jala. Ikan hasil tangkapannya adalah ikan khas sungai Cidano seperti ikan Paitan (Ikan Kecil), Nilem, Tawes, Gabus dll.

Tujuan Ngagurah Dano bukan hanya saja untuk menangkap ikan akan tetapi ajang berkumpul dan bersilaturahmi bagi masyarakat wilayah bantaran sungai Cidano.

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari Minggu, 5 Agustus 2018 yang berlokasi Di Desa Wisata Cikolelet, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang.

Ada beberapa kegiatan yang akan memeriahkan acara Ngagurah Dano, yaitu :

  • Sayembara Newak Lauk Bareng Bupati Serang, Mulai dari Cipanas Sampai Di Tambakan
  • Bancakan Di Jambatan Ciraab
  • Penanaman Pohon

Dengan Total Hadiah : Rp. 5.000.000

Ngagurah Dano adalah salah satu dari rangakaian kegiatan Anyer Krakatau Culture Festival 2018 yang akan berlansung sampai bulan Oktober 2018.

Mari bergabung dan ramaikan Event tahunan terbesar Kabupaten Serang.

Untuk Informasi :

Mang Ojat 085921579400

EDI MAULANA 081511832218

Akong Gondrong 08122118082

Website           : www.anyerkrakataufest.com

E-mail              : akcfkabserang@gmail.com

Instagram        : @akcfest

Facebook         : akcfest

 

Komentar