Mancing merupakan aktivitas yang sudah ada sejak 10.000 tahun lalu. Hal ini dibuktikan dari ditemukannya peninggalan arkeologi baik berupa tulang belulang, mata kail, maupun yang tergambar di goa-goa. Teknik menangkap yang diduga sudah ada sejak zaman Neolitik, sekitar 4.000 sampai 8.000 tahun lalu ini berkembang hingga sekarang. Peminatnya juga dari semua kalangan.

Tapi, tahukah kamu di spot mana saja yang bisa mendapatkan hasil yang maksimal? Nah, area Pulau Sangiang kami rekomendasikan untuk menjadi spot mincing terbaikmu. Alasannya tentu saja karena area ini sudah dikenal sebagai surga para Angler, sebutan untuk para pemancing yang menggunakan rod, joran, reel, senar dan umpan buatan menyerupai ikan atau lure.

Pulau yang bisa ditempuh sekitar 1 jam dari Pelabuhan Paku, Anyer Banten ini merupakan habitat terbaik para ikan. Jenisnya juga bervariasi dengan ukuran dan berat yang berbeda.  Tapi, harus dipastikan dulu kondisi arusnya. Jangan gengsi bertanya pada captain kapal atau crew kapal yang kita sewa kapan kondisi yang tepat untuk memancing. Hal ini tentu saja karena kamu sedang berada di atas arus yang deras. Pastikan juga untuk membawa timah atau pemberat besar jika kamu ingin memancing hingga kedasarnya untuk mendapat ikan kerapu dan ikan kakaktua.

Bagi pemancing yang ingin menggunakan teknik poping dengan target ikan GT seberat 5 sampai belasan kilogram, ada di sisi Barat dan Selatan Pulau sangiang yang berpenduduk kurang lebih 49 Kepala Keluarga ini. Sedangkan untuk teknik Casting, spot pantai dangkal di Tanjung Bajau atau sisi Utara Pulau Sangiang bisa menjadi tempat semedi kamu. Spot lain yang arusnya tidak begitu deras ada di sisi Barat Tanjung dekat spot Kedondong, tidak begitu jauh dari muara kecil.

Nah, kalau teknik Garong dengan target ikan baronang, bisa kamu lakukan di tubiran pulau dengan posisi tetap di atas kapal. Ada baronang tompel, susu, batik, serta ikan-ikan lain yang membuat para Angler bersorak ‘strike!’  dengan penuh kebahagiaan.

Karena itulah, Anyer Krakatau Culture Festival 2017 menghadirkan lomba memancing bertajuk Lomba Mancing Selat Sunda yang dipusatkan di Pelabuhan Paku, Anyer, Kabupaten Serang, Banten. Pendaftaran acara silaturahmi para pemancing professional dan pemula dari berbagai kalangan ini sudah dibuka sejak tanggal 17 Juli hingga 17 Agustus 2017. Sedangkan untuk acara ini akan diselenggarakan pada Minggu, 20 Agustus 2017 dan dipusatkan di Pelabuhan Paku, Anyer, Banten. Dengan total hadiah sebesar 90 juta rupiah, acara ini memiliki tiga kategori yaitu Perorangan, Perahu Nelayan dan Perahu Katir.

Gimana? Sudah menyisihkan waktu dan mendaftar Lomba Mancing Selat Sunda? Kami tunggu, ya?

(*/anyerkrakataufest.com) – Artikel oleh: Uthera Kalimaya | menarapagi.com bantenurban.com

Sumber foto: iftfishing.com

Komentar